3 Tahap Gejala Penyakit Siphylis Yang Jarang Diketahui

Maraknya kasus kelainan seksual yang terjadi saat ini turut berdampak pada meningkatnya jumlah penderita penyakit kelamin, salah satunya yang banyak menyerang kaum laki-laki adalah penyakit Siphylis . Biasanya penyakit Sipilis atau yang biasa disebut Raja Singa ini banyak terjadi pada laki-laki penyuka sesame jenis (homo).

Siphylis
Ilustrasi

Untuk Sipilis yang sudah tergolong parah, akan sangat sulit disembuhkan bahkan dapat berdampak pada organ lain seperti terjadinya kerusakan otak, syaraf dan jantung. Untuk itu, penting mengetahui apa saja gejala dari penyakit Sipilis. Berdasarkan tahapan, gejala Sipilis terbagi menjadi 3:

1.       Tahap Awal

Gejala tahap pertama terjadi sekitar 2-4 minggu atau 1 bulan setelah terjadinya infeksi. Tanda-tanda yang muncul bisa berupa luka namun tidak terasa sakit. Melalui luka inilah bakteri penyebab infeksi masuk ke dalam tubuh. Luka bisa terjadi pada bagian alat kelamin, mulut dan juga anus, dimana bagian ini sering menjadi aktifitas seksual.

2.       Tahap Pertengahan

Apabila infeksi pada tahap awal tidak mendapat penangan dan dibiarkan saja selama beberapa lama, maka infeksi akan masuk ke tahap pertengahan atau tahap kedua. Tahap ini terjadi biasanya 2-3 bulan dari sejak pertama infeksi terjadi. Pada tahap ini, gejala penyakit semakin banyak terlihat beberapa diantaranya yaitu demam, nafsu makan menurun, nyeri pada sendi, ruam kulit, sakit kepala, sakit tenggorokan, terjadinya pembengkakan pada kelenjar limpa dan timbulnya benjolan.

Pada tahap ini, banyak penderita Siphylis tidak menyadari bahwa infeksi yang terjadi semakin parah karna sebagian gejala tersembunyi (tahap laten). Gejala ini dapat berlangsung lama hingga bertahun- tahun.

3.       Tahap Akhir

Pada tahap akhir, penderita sudah memasuki gejala penyakit yang sangat parah dengan adanya kerusakan yang terjadi pada bagian tubuh seperti kerusakan otak, jantung, menurunnya daya ingat, mengalami lumpuh dan juga terganggunya keseimbangan tubuh. Jika seseorang telah masuk ke tahap akhir ini, kesempatan untuk sembuh total sangat sulit karena gejala penyakit sudah dirasakan selama bertahun-tahun.

Jika anda mendapati beberapa gejala yang mengindikasikan adanya penyakit Sipilis, sebaiknya segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Anda bisa juga datang ke klinik kesehatan  khusus penyakit kelamin untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai penyakit yang diderita. Berikut informasi mengenai klinik kesehatan yang ada di Jakarta KLINIKPANDAWAJAKARTA.COM/.

Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *