Renovasi Rumah

4 Kesalahan Saat Beli Rumah

Membeli rumah adalah sebuah hal yang sangat penting dan sangat krusial. Hal ini adalah karena pastinya menjadi sebuah cita-cita atau idaman setiap orang untuk bisa memiliki rumah sendiri. Sebagai salah satu kebutuhan dasar dari setiap manusia, rumah tentu akan lebih didahulukan dibandingkan dengan kebutuhan yang lain. Banyak orang yang rela menabung habis-habisan dan hidup dengan sangat menghemat agar bisa membeli rumah sendiri. Namun sayang, saat membeli rumah terkadang ada beberapa kesalahan yang dilakukan, padahal hal tersebut sangat penting dan bahkan bisa berakibat fatal. Tentu, jika Anda ingin membeli rumah dalam waktu dekat, perhatikanlah beberapa hal di bawah ini, jangan sampai Anda juga melakukan kesalahan tersebut!

  1. Terpesona tampilan luar

Peribahasa dari mata turun ke hati tentu akan sangat melekat dalam hal seperti ini. Kebanyakan orang memang akan lebih mudah terpesona saat melihat dari tampilan luarnya. Memiliki rumah dengan desain yang bagus dan keren tentu menjadi idaman, tapi jangan terburu-buru karena sudah jatuh cinta pada tampilan luarnya. Sama halnya dengan pasangan hidup, saat membeli rumah pun jangan mudah terpesona dengan luarnya. Perhatikan bagian dalamnya dengan detail. Pertimbangkan dengan bijak apakah jumlah ruangan di dalam rumah tersebut sudah cukup atau tidak. Karena ada beberapa rumah yang memang memiliki tampilan yang baik padahal bagian dalamnya tidak sebagus luarnya.

Renovasi Rumah

  1. Lupa hal Penting

Lingkungan sekitar tentu akan sangat berpengaruh untuk kehidupan Anda ke depannya jika memang akan tinggal di rumah tersebut. Tanyakanlah kepada tetangga rumah tersebut mengenai kondisi di lingkungan tersebut. Apakah lingkungan tersebut aman, bagaimana kemudahan dalam mendapatkan transportasi, dan juga akses untuk ke tempat-tempat umum seperti pasar atau sekolah. Jika Anda mempunyai solusi dari hal-hal tersebut, maka tidak akan jadi masalah besar. Tak hanya itu, kadang juga lupa untuk menyiapkan dana tak terduga setelah membeli rumah. Terlalu terfokus pada harga rumah itu sendiri sehingga tidak menyediakan uang dalam jumlah lebih untuk hal-hal yang tidak terduga. Anda juga harus memastikan apakah ada beberapa kerusakan besar di dalam rumah tersebut sehingga perlu dilakukan renovasi rumah dalam skala besar yang membutuhkan uang dalam jumlah yang tidak kecil pula.

  1. Cicilan terlalu Mahal

Jika Anda memang membeli rumah dengan sistem cicilan, perhatikan juga jumlah cicilan per bulannya. Jangan sampai lebih besar pasak dari tiang, jangan sampai jumlah cicilan rumah lebih besar dari pada penghasilan Anda per bulannya. Perhitungkan dengan baik kebutuhan sehari-hari Anda dan jumlah cicilan tersebut. Persiapkan juga untuk hal-hal ke depannya, misalnya untuk persiapan sekolah anak, dan lain-lain, apakah akan cukup atau bahkan kurang. Jangan ambil risiko besar dalam hal ini jika ke depannya Anda tidak ingin dipersulit dengan keadaan. Ambil KPR dengan jangka waktu pembayaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika semakin lama, tentu cicilannya akan semakin besar. Begitu pula sebaliknya. Pandai-pandailah juga dalam mengolah uang jika mendapatkan bonus dari tempat kerja, jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak penting.

  1. Tidak Menggunakan Asuransi

Sama halnya dengan biaya tak terduga, kadang hal ini sering sekali dilupakan oleh orang-orang saat sedang membeli rumah. Rumah adalah salah satu aset berharga yang harus Anda lindungi juga. Jangan lupa untuk menggunakan asuransi rumah Anda untuk membantu melindungi rumah Anda jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti musibah kebakaran atau lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *