Hukum Dan Persyaratan Kurban

Hukum Qurban Idul Adha dan Persyaratan Qurban

Hukum qurban Idul Adha masih terbilang abu-abu di antara wajib dan sunnah. Beberapa ulama mengategorikan hukum qurban sebagai wajib, sebagian lagi memasukkannya dalam daftar amalan sunnah. Terlepas dari sunnah ataupun wajib, sebagai sebuah ibadah tentunya berkurban akan mendatangkan pahala bagi siapapun yang menjalankannya. Sehingga, apabila kita memang memiliki cukup rezeki dan kelapangan harta, tentu tak ada salahnya apabila turut menyisihkan sebagian dari rezeki tersebut untuk berkurban. Ini karena rezeki tersebut datang dari Allah serta nantinya juga akan kembali kepada Allah. Sebagian dari harta yang digunakan untuk berkurban itu pun nantinya akan menjadi amalan yang berguna di hari akhirat.

Hukum Dan Persyaratan Kurban

Sebelum memulai ataupun memutuskan untuk berkurban, ada baiknya kita mengetahui apa saja persyaratan yang wajib dipenuhi. Hal ini penting agar qurban sah di mata Allah. Termasuk di antaranya adalah hewan yang akan dikurbankan harus bebas dari segala macam cacat yang tampak oleh mata. Hewan qurban juga harus sehat serta tidak memiliki penyakit. Dalam Islam, membunuh hewan yang sedang sakit itu dilarang. Hukum qurban Idul Adha yang wajib dilakukan selanjutnya adalah menyembelih hewan setelah dilaksanakannya sholat Idul Adha. Jika penyembelihan hewan qurban dilakukan sebelum atau jauh setelah selesainya ibadah sholat Idul Adha, maka qurban tidak akan sah.

Cara-cara dalam berkurban terbilang sederhana dan tidak merepotkan. Hukum qurban dibuat agar tiap Muslim dapat mengikutinya secara mudah. Tidak ada bagian dari hukum qurban Idul Adha ini yang memberatkan. Sebelum membeli hewan qurban, periksa terlebih dahulu kondisinya secara menyeluruh. Jangan membeli hewan qurban menjelang perayaan Idul Adha karena stok akan sangat menipis atau bahkan sudah habis terjual. Carilah hewan qurban ini jauh-jauh hari sebelum tiba hari raya Idul Adha. Membeli sejak jauh-jauh hari juga akan membuat kita memiliki waktu dalam memilih, menabung serta memesan hewan qurban yang diinginkan. Yang lebih mudah dan praktis lagi, sekarang kita bisa melakukan qurban online melalui Global Qurban.

Qurban online ini akan sangat memudahkan karena kita bisa melakukan pemesanan hewan qurban secara online, kapan saja serta di mana saja. Tidak perlu khawatir kehabisan atau mendapat hewan qurban yang tidak sesuai syarat. Semua hewan qurban yang ada di Global Qurban telah memenuhi syarat sebagai hewan qurban. Proses penyembelihan hingga pendistribusian daging qurban akan dilakukan oleh pihak Global Qurban. Menariknya lagi adalah, pendistribusian daging qurban ini tidak hanya sekadar di seluruh pelosok Nusantara tapi juga hingga ke luar negeri. Kita juga bisa memantau sejauh mana qurban kita berjalan. Demikian uraian seputar hukum qurban Idul Adha dan layanan qurban online yang memudahkan kita dalam beribadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *