Pemanas Air Blibli

Memilih Jenis Pemanas Air Sesuai Kebutuhan

Saat ini penggunaan alat pemanas air di Indonesia sudah cukup banyak, walaupun di Indonesia sendiri bukan termasuk beriklim dingin di Jepang, Eropa atau lainnya. Kebutuhan air panas untuk masyarakat Indonesia memang saat ini cukup banyak peminatnya untuk berendam. Biasanya seseorang sehabis bekerja seharian penuh pastinya ingin merilekskan tubuh dengan berendam di bath tub, maka dari itu alat yang biasa disebut dengan water heater sangat dibutuhkan. Namun Anda juga harus mengetahui beberapa jenis pemanas air yang ada dipasaran.

Jenis Pemanas Air

Melihat water heater yang saat ini sudah beredar di pasaran yang dibagi dalam tiga jenis seperti water heater dengan tenaga listrik, water heater menggunakan gas, water heater dengan sinar matahari atau menggunakan solar. Apa saja jenis pemanas air tersebut?

  1. Water Heater Gas

Untuk jenis water heater gas ini memiliki konsep seperti halnya Anda memasak air menggunakan kompor gas. Namun perbedaannya pada wadah memasaknya tidak menggunakan panci namun untuk water heater gas ini menggunakan pipa yang ditambah dengan sirip-sirip menyerupai generator. Dalam proses pemanasannya di bagian bawah terdapat tabung gas untuk pemanasnya, namun dalam penggunaan jenis water heater gas tersebut rawan kebocoran gas.

  1. Water Heater ListrikĀ Pemanas Air Blibli

Masih sama dengan sebelumnya dimana untuk proses kerja dari pemanas air listrik tersebut seperti memasak air menggunakan listrik. Jenis ini juga di lengkapi dengan pipa-pipa dan juga tangki berisolasi untuk menampung air panasnya. Air yang sudah tertampung di tangki akan menjadi panas setelah mendapat perpindahan kalori dari listrik yang dialirkan. Untuk water heater listrik ini akan di lengkapi dengan ELCB yang menjadi alat pengaman. Kebutuhan listrik untuk memanaskan air ini mencapai 1500 watt hingga 5000 watt tergantung kebutuhan.

  1. Water Heater Solar

Dengan menggunakan Jenis pemanas air solar tersebut memberikan keuntungan dalam hal penghematan listrik. Pasalnya untuk memanaskan air menggunakan water heater solar ini hanya membutuhkan tenaga matahari untuk sumber panasnya. Prinsip kerja dari water heater dolar tersebut akan memberikan radiasi panas melalui kaca yang terdapat pada alat tersebut. Panas matahari tersebut akan diserap dan di alirkan pada tangki air. Untuk jenis ini biasanya memiliki kapaitas 180 liter namun kelemahannya dalam pemasangannya cukup rumit.

  1. Water Heater Panas AC

Jenis pemanas air yang satu ini memiliki cara kerja dimana WH akan dihubungkan dengan kompressor AC. Dengan pemanfaat panas AC yang di keluarkan oleh kompressor AC tersebut di salurkan ke tangki airnya yang mampu mengubah air menjadi panas. Bagi kalian yang ingin hemat listrik memang untuk jenis water heater panas AC ini menjadi solusi terbaik.

Dari beberapa jenis water heater yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi pilihan Anda saat ingin membeli pemanas air dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *