Serba-Serbi Olahraga Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang selayaknya menjaga kesehatan dan keadaannya termasuk mengonsumsi Vitamin Untuk Ibu Hamil, namun menjaga kehamilan bukan berarti harus bermalas-malasan dan beristirahat sepanjang hari. Seperti yang kita ketahui, kehamilan dapat menyebabkan tubuh menahan beban ekstra dari si jabang bayi, sehingga beberapa bagian tubuh akan terasa kaku.

Olahraga Untuk Ibu Hamil

Karena itulah berolahraga saat masa hamil sangat disarankan, karena selain menjaga si ibu olahraga juga dapat menjaga bayinya, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan berolahraga pada masa kehamilan.

  • Mengurangi risiko depresi, ibu hamil sebaiknya menghindari hal-hal yang menyebabkan depresi dan stres, karena dapat berpengaruh pada ibu dan bayinya
  • Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan
  • Istirahat menjadi lebih tenang
  • Mencegah konstipasi, kembung, dan mengurangi sakit punggung
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan otot, hal ini akan bermanfaat nantinya saat persalinan

Namun memilih olahraga untuk ibu hamil sebaiknya juga jangan sembarang pilih, ada beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari terutama olahraga yang berisiko jatuh, contohnya seperti

  • olahraga beregu, terutama yang banyak melibatkan kontak fisik, contohnya sepak bola
  • Scuba Diving
  • Olahraga dengan tempo cepat, seperti melompat, sit up, dll

Karena itu ada beberapa olahraga ringan yang biasanya dilakukan oleh ibu hamil, antara lain :

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat dianjurkan dan merupakan olahraga terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, jalan kaki tidak memerlukan peralatan dan bisa dilakukan dari awal hingga akhir kehamilan.

Jalan kaki dapat membuat tubuh ibu hamil tetap fit, selain itu juga melancarkan peredaran darah, lakukan olahraga jalan kaki ini 30 menit setiap harinya atau beberapa kali dalam seminggu pada pagi hari, hindari melakukan olahraga ini pada siang terik atau malam hari, jangan lupa membawa air minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi

Berenang

Berenang juga merupakan olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil oleh para ahli kesehatan, berenang dapat melatih otot kaki dan tangan, selain itu berenang juga memberi manfaat untuk kinerja jantung dan mengurangi berat badan bagi ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan.

Sama dengan jalan kaki, olahraga renang ini bisa dilakukan 30 menit dalam sehari, selain itu disarankan meminum satu gelas air setiap 15 menitnya dan satu gelas lagi pada saat selesai berenang.

Yoga

Untuk melakukan yoga sebaiknya harus dengan panduan dari ahlinya, olahraga yoga sendiri bermanfaat untuk melatih pernafasan dan relaksasi, hal ini nantinya akan diperlukan pada saat persalinan. Selain itu yoga juga dapat menjaga kebugaran tubuh. Hasil dari relaksasi latihan yoga ini akan sangat bermanfaat untuk membuat ibu hamil tetap tenang hingga saat proses persalinan nantinya.

Senam Hamil

Anda bisa mendapatkan video senam hamil melalui channel video yang beredar di internet, biasanya senam hamil di klasifikasikan berdasarkan usia kehamilan, namun alangkah baiknya jika Anda mengikuti kelas senam hamil yang dipandu oleh ahlinya secara langsung, karena selain mendapatkan panduan yang tepat Anda juga dapat berinteraksi dengan ibu hamil lainnya.

Dengan melakukan senam hamil maka ibu hamil akan mendapatkan kesehatan dan kebugaran yang tentunya juga akan berpengaruh positif pada janin yang dikandung, selain itu senam hamil juga dapat menguatkan otot-otot yang diperlukan pada saat proses persalinan nantinya.

Selain melakukan olahraga untuk ibu hamil, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan Nutrisi Untuk Ibu Hamil melalui berbagai macam makanan alami seperti buah dan sayuran, tentunya nutrisi ini juga akan diserap oleh buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *